Minggu, 24 November 2013

PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS BUKU LKS QUR’AN HADITS PENERBIT AN NAJAH MTs KELAS IX SEMESTER I

TUGAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
BUKU LKS QUR’AN HADITS PENERBIT AN NAJAH
MTs KELAS IX SEMESTER I
   

                                                                                                                  Nadhirin     136015245





PENDAHULUAN

Pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada MTS kelas IX Semester I, adalah sebagai berikut:
BAB 1                       Hukum Mad Shilah, Mad Lazim Mukhafaf kilmi, Mad Lazim Mutsaqal Kilmi, dan Mad Farqi
A.     Standar Kompetensi
Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
B.     Kompetensi Dasar
1)      Menerapkan Hukum Mad Silah dalam Al-Qur’an surat Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah.
2)      Menerapkan hukum bacaan Mad Lazim Mukhafaf Kilmi, Mutsaqal Kilmi, dan Mad Farqi dalam Al-Qur’an.
C.     Isi Materi
1)      Surat Pendek Pilihan
2)      Mad Silah
3)      Mad Lazim Mukhafaf Kilmi
4)      Mutsaqal Kilmi
5)      Mad Farqi



BAB 2                       Hukum Fenomena Alam
A.     Standar Kompetensi
Menerapkan Al-Qur’an Surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam
B.     Kompetensi Dasar
1)      Memahami isi kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang Fenomena alam.
2)      Memahami keterkaitan isi kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan.
3)      Menerapkan kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah dalam kehidupan sehari-hari dan akibatnya.
C.     Isi Materi
1)      Hukum Alam
2)      QS. Al-Qari’ah
3)      QS. Al-Zalzalah
4)      Keterkaitan Isi Kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah Tentang Hukum Fenomena Alam Dalam Kehidupan.
5)      Menerapkan Kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah Dalam Fenomena Kehidupan Sehari-hari dan Akibatnya.




BAB 3                       Hadits Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam
1)      Standar Kompetensi
Memahami Hadits Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam.
2)      Kompetensi Dasar
a)      Menulis hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
b)      Menterjemahkan makna hadits menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
c)      Menghafal hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
d)     Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadits dalam perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan Alam dalam fenomena alam dalam kehidupan dan akibatnya.
3)      Isi Materi
a)      Hadits Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam
b)      Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam.
c)      Keterkaitan Isi Kandungan Hadits dalam Perilaku Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam Fenomena Kehidupan dan Akibatnya.
d)     Perilaku Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam.

PEMBAHASAN
Penelitian Materi Pembelajaran

BAB 1      Hukum Mad Shilah, Mad Lazim Mukhafaf kilmi, Mad Lazim Mutsaqal Kilmi, dan Mad Farqi
A.     Standar Kompetensi
Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan.
B.     Kompetensi Dasar
1)      Menerapkan Hukum Mad Silah dalam Al-Qur’an surat Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah.
2)      Menerapkan hukum bacaan Mad Lazim Mukhafaf Kilmi, Mutsaqal Kilmi, dan Mad Farqi dalam Al-Qur’an.

C.     Isi Materi
1)      Surat Pendek Pilihan
2)      Mad Silah
3)      Mad Lazim Mukhafaf Kilmi
4)      Mutsaqal Kilmi
5)      Mad Farqi


Koreksi:
Bahwa dasar dan isi materi dalam awal pertemuan keterkaitan antara Standar Kompetensi dengan Kompetensi Dasar tidak sesuai. Karena yang seharusnya 
SK = Memahami Bacaan Mad...
KD = Definisi Bacaan Mad...
          Macam-macam Bacaan Mad...
          Praktek Bacaan Mad
          Penerapan Bacaan Mad,..
Kemudian isi didalam materi sudah memenuhi kriteria sub bab yang dicantumkan, sehingga memudahkan dalam pembelajaran bagi peserta didik, Karena dalam pembahasan sub bab ini sudah termasuk ringkasan materi. Dalam Lembar Kegiatan Siswa juga mendukung untuk menguji kefahaman siswa dalam membedakan hukum bacaan Mad Shilah, Mad Lazim Mukhafaf kilmi, Mad Lazim Mutsaqal Kilmi, dan Mad Farqi. Namun sayangnya didalam lembar kegiatan siswa (hal: 8), ayat yang digunakan kurang jelas, artinya siswa akan bertanya ini Al-Qur’an surat apa?, (QS.Al-Baqarah 255-256).
Sayangnya ayat atau materi ajar (QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah) yang digunakan itu diulang kembali pada Bab Kedua berjudul “Hukum Fenomena Alam”.
Kemudian juga ada kegiatan Diskusi dan Tugas Individu (hal: 8) siswa yang sangat bagus sekali dalam mengembangkan kemampuan pemahaman siswa, dan sebagai penilaian bagi pendidik untuk mengoreksi pembelajaran tersebut.  Didalam Ulangan Harian (hal:9-12), Perbaikan (hal:13) juga sudah baik dan memenuhi kriteria materi ajar, jadi tidak ada masalah.

BAB 2      Hukum Fenomena Alam
1.      Standar Kompetensi
Menerapkan Al-Qur’an Surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam.

2.      Kompetensi Dasar
a)      Memahami isi kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang Fenomena alam.
b)      Memahami keterkaitan isi kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan.
c)      Menerapkan kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah dalam kehidupan sehari-hari dan akibatnya.

3.      Isi Materi
a)      Hukum Alam
b)      QS. Al-Qari’ah
c)      QS. Al-Zalzalah
d)     Keterkaitan Isi Kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah Tentang Hukum Fenomena Alam Dalam Kehidupan.
e)      Menerapkan Kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah Dalam Fenomena Kehidupan Sehari-hari dan Akibatnya.

Koreksi:
Penelaah menelaah keterkaitan SK (Standar Kompetensi) dengan KD (Kompetensi Dasar), dimana tidak ada kesesuaian antara SK dan KD juga isi materi yang tidak sesuai dengan Sub Bab; yang mana Sub Bab menampilkan tentang Hukum Fenomena Alam padahal didalamnya banyak terkandung materi tentang Keadaan dan Tanda-tanda Hari Kiamat.
Kemudian yang kedua, kesalahan pengulangan dalam penempatan surat pendek, artinya dalam Bab Kedua ini surat pendek yang digunakan sama dengan surat pendek yang ada pada Bab Pertama, meskipun dalam ayat itu benar-benar isi kandunganya menjelaskan tentang Keadaan dan Tanda-tanda Hari Kiamat, dan ini perlu diperhatikan dalam ketentuan Sub Bab dan Isi Materi yang akan digunakan sebagai bahan pembelajaran.
Dalam Ulangan Harian (hal: 24) soal no. 10, disitu kurang jelas, artinya pilihan jawaban surat-surat yang ditampilkan sudah benar, namun peletakan ayat-ayatnya tidak ada, kemudian soal no. 32 (hal:26) disitu juga kurang tepat, disitu disebutkan surat al-infitar, padahal dalam materi tidak dijelaskan tentang surat al-infitar tersebut, meskipun dalam surat tersebut mengandung penjelasan hari kiamat.


BAB 3      Hadits Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam
A.     Standar Kompetensi
Memahami Hadits Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam.

B.     Kompetensi Dasar
1)      Menulis hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
2)      Menterjemahkan makna hadits menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
3)      Menghafal hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
4)      Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadits dalam perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan Alam dalam fenomena alam dalam kehidupan dan akibatnya.

C.     Isi Materi
1)      Hadits Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam
2)      Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam.
3)      Keterkaitan Isi Kandungan Hadits dalam Perilaku Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam Fenomena Kehidupan dan Akibatnya.
4)      Perilaku Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam.
Koreksi:
Bahwa dasar dan isi materi dalam pertemuan kali ini keterkaitan antara Standar Kompetensi dengan Kompetensi Dasar sudah sesuai. Didalam Bab ketiga ini juga sudah memenuhi materi pembelajaran yang akan disampaikan.
Dalam Ulangan Harian terdapat pelatihan soal yang belum ada penjelasan dari materi, seperti soal no. 16, dan 17 (hal: 45), disitu soal tentang masalah hewan yang di kurung, sedang didalam isi materi tidak disebutkan secara rinci hewan apa saja yang boleh atau yang tidak boleh di kurung. Kemudian soal hewan yang dikurung muncul lagi pada soal no. 3 (hal: 47) soal no. 2 (hal: 49).
   


ANALISIS

1.      Analisis Materi
Pada analisis materi BAB yang Pertama dan BAB ke Tiga sudah sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, serta Isi Materi juga sudah baik pada penempatan dan sesuai bila dijadikan materi pembelajaran. Kesalahan pada BAB ke Dua yang kurang sesuai antara Standar Kompetensi dengan Kompetensi Dasar, sebagian soal yang tidak sesuai atau tidak ada pada keterangan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik.

2.     Analisis Teknis
Pemberian Sub BAB yang belum sesuai, misalnya Hukum Fenomena Alam yang seharusnya berisikan Sub BAB Tanda-tanda atau Keadaan Hari Kiamat.

KESIMPULAN

Dari telaah yang kami lakukan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits MTs kelas IX dapat kami simpulkan, bahwa sanya ketika membuat silabus, dan memberikan materi harus disesuaikan. Dan lebih teliti dalam pemberian Ujian baik berupa soal, pelatihan, dan diskusi yang diharapkan peserta didik bisa memahami dan mempraktikkan, jika sudah sesuai maka hasil pembelajaran pun akan memuaskan baik untuk pendidik maupun peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar