TUGAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
BUKU LKS QUR’AN HADITS PENERBIT AN NAJAH
MTs KELAS IX SEMESTER I
Nadhirin 136015245
PENDAHULUAN
Pembelajaran
Al-Qur’an Hadits pada MTS kelas IX Semester I, adalah sebagai berikut:
BAB 1
Hukum Mad Shilah, Mad Lazim Mukhafaf kilmi, Mad Lazim Mutsaqal
Kilmi, dan Mad Farqi
A.
Standar Kompetensi
Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
B.
Kompetensi Dasar
1)
Menerapkan
Hukum Mad Silah dalam Al-Qur’an surat Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah.
2)
Menerapkan
hukum bacaan Mad Lazim Mukhafaf Kilmi, Mutsaqal Kilmi, dan Mad Farqi dalam
Al-Qur’an.
C.
Isi Materi
1)
Surat
Pendek Pilihan
2)
Mad
Silah
3)
Mad
Lazim Mukhafaf Kilmi
4)
Mutsaqal
Kilmi
5)
Mad
Farqi
BAB 2
Hukum Fenomena Alam
A.
Standar Kompetensi
Menerapkan Al-Qur’an Surat pendek pilihan tentang hukum fenomena
alam
B.
Kompetensi Dasar
1)
Memahami
isi kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang Fenomena alam.
2)
Memahami
keterkaitan isi kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena
alam dalam kehidupan.
3)
Menerapkan
kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah dalam kehidupan sehari-hari dan
akibatnya.
C.
Isi Materi
1)
Hukum
Alam
2)
QS.
Al-Qari’ah
3)
QS.
Al-Zalzalah
4)
Keterkaitan
Isi Kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah Tentang Hukum Fenomena Alam Dalam
Kehidupan.
5)
Menerapkan
Kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah Dalam Fenomena Kehidupan Sehari-hari
dan Akibatnya.
BAB 3
Hadits Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam
1)
Standar Kompetensi
Memahami Hadits
Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam.
2)
Kompetensi Dasar
a)
Menulis
hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
b)
Menterjemahkan
makna hadits menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
c)
Menghafal
hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
d)
Menjelaskan
keterkaitan isi kandungan hadits dalam perilaku menjaga dan melestarikan
lingkungan Alam dalam fenomena alam dalam kehidupan dan akibatnya.
3)
Isi Materi
a)
Hadits
Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam
b)
Menjaga
dan Melestarikan Lingkungan Alam.
c)
Keterkaitan
Isi Kandungan Hadits dalam Perilaku Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam
Fenomena Kehidupan dan Akibatnya.
d)
Perilaku
Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam.
PEMBAHASAN
Penelitian Materi Pembelajaran
BAB 1 Hukum Mad Shilah, Mad Lazim Mukhafaf
kilmi, Mad Lazim Mutsaqal Kilmi, dan Mad Farqi
A.
Standar Kompetensi
Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan.
B.
Kompetensi Dasar
1)
Menerapkan
Hukum Mad Silah dalam Al-Qur’an surat Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah.
2)
Menerapkan
hukum bacaan Mad Lazim Mukhafaf Kilmi, Mutsaqal Kilmi, dan Mad Farqi dalam
Al-Qur’an.
C.
Isi Materi
1)
Surat
Pendek Pilihan
2)
Mad
Silah
3)
Mad
Lazim Mukhafaf Kilmi
4)
Mutsaqal
Kilmi
5)
Mad
Farqi
Koreksi:
Bahwa dasar dan isi materi dalam
awal pertemuan keterkaitan antara Standar Kompetensi dengan Kompetensi Dasar
tidak sesuai. Karena yang seharusnya
SK = Memahami Bacaan Mad...
KD = Definisi Bacaan Mad...
Macam-macam Bacaan Mad...
Praktek Bacaan Mad
Penerapan Bacaan Mad,..
Kemudian isi didalam materi sudah memenuhi kriteria sub bab
yang dicantumkan, sehingga memudahkan dalam pembelajaran bagi peserta didik,
Karena dalam pembahasan sub bab ini sudah termasuk ringkasan materi. Dalam
Lembar Kegiatan Siswa juga mendukung untuk menguji kefahaman siswa dalam
membedakan hukum bacaan Mad Shilah, Mad Lazim Mukhafaf kilmi, Mad Lazim
Mutsaqal Kilmi, dan Mad Farqi. Namun sayangnya didalam lembar kegiatan siswa
(hal: 8), ayat yang digunakan kurang jelas, artinya siswa akan bertanya ini
Al-Qur’an surat apa?, (QS.Al-Baqarah 255-256).
Sayangnya ayat atau materi ajar (QS.
Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah) yang digunakan itu diulang kembali pada Bab Kedua
berjudul “Hukum Fenomena Alam”.
Kemudian juga ada kegiatan Diskusi
dan Tugas Individu (hal: 8) siswa yang sangat bagus sekali dalam
mengembangkan kemampuan pemahaman siswa, dan sebagai penilaian bagi pendidik untuk
mengoreksi pembelajaran tersebut.
Didalam Ulangan Harian (hal:9-12), Perbaikan (hal:13) juga
sudah baik dan memenuhi kriteria materi ajar, jadi tidak ada masalah.
BAB 2 Hukum Fenomena Alam
1.
Standar Kompetensi
Menerapkan Al-Qur’an Surat pendek pilihan tentang hukum fenomena
alam.
2.
Kompetensi Dasar
a)
Memahami
isi kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang Fenomena alam.
b)
Memahami
keterkaitan isi kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena
alam dalam kehidupan.
c)
Menerapkan
kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah dalam kehidupan sehari-hari dan
akibatnya.
3.
Isi Materi
a)
Hukum
Alam
b)
QS.
Al-Qari’ah
c)
QS.
Al-Zalzalah
d)
Keterkaitan
Isi Kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah Tentang Hukum Fenomena Alam Dalam
Kehidupan.
e)
Menerapkan
Kandungan QS. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah Dalam Fenomena Kehidupan Sehari-hari
dan Akibatnya.
Koreksi:
Penelaah menelaah keterkaitan SK
(Standar Kompetensi) dengan KD (Kompetensi Dasar), dimana tidak ada kesesuaian
antara SK dan KD juga isi materi yang tidak sesuai dengan Sub Bab; yang mana
Sub Bab menampilkan tentang Hukum Fenomena Alam padahal didalamnya
banyak terkandung materi tentang Keadaan dan Tanda-tanda Hari Kiamat.
Kemudian yang kedua, kesalahan
pengulangan dalam penempatan surat pendek, artinya dalam Bab Kedua ini surat
pendek yang digunakan sama dengan surat pendek yang ada pada Bab Pertama,
meskipun dalam ayat itu benar-benar isi kandunganya menjelaskan tentang Keadaan
dan Tanda-tanda Hari Kiamat, dan ini perlu diperhatikan dalam ketentuan Sub Bab
dan Isi Materi yang akan digunakan sebagai bahan pembelajaran.
Dalam Ulangan Harian (hal:
24) soal no. 10, disitu kurang jelas, artinya pilihan jawaban surat-surat yang
ditampilkan sudah benar, namun peletakan ayat-ayatnya tidak ada, kemudian soal
no. 32 (hal:26) disitu juga kurang tepat, disitu disebutkan surat al-infitar,
padahal dalam materi tidak dijelaskan tentang surat al-infitar tersebut,
meskipun dalam surat tersebut mengandung penjelasan hari kiamat.
BAB 3 Hadits Tentang Menjaga dan Melestarikan
Lingkungan Alam
A.
Standar Kompetensi
Memahami Hadits
Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam.
B.
Kompetensi Dasar
1)
Menulis
hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
2)
Menterjemahkan
makna hadits menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
3)
Menghafal
hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan Alam.
4)
Menjelaskan
keterkaitan isi kandungan hadits dalam perilaku menjaga dan melestarikan
lingkungan Alam dalam fenomena alam dalam kehidupan dan akibatnya.
C.
Isi Materi
1)
Hadits
Tentang Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam
2)
Menjaga
dan Melestarikan Lingkungan Alam.
3)
Keterkaitan
Isi Kandungan Hadits dalam Perilaku Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam
Fenomena Kehidupan dan Akibatnya.
4)
Perilaku
Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Alam.
Koreksi:
Bahwa dasar dan
isi materi dalam pertemuan kali ini keterkaitan antara Standar Kompetensi
dengan Kompetensi Dasar sudah sesuai. Didalam Bab ketiga ini juga sudah
memenuhi materi pembelajaran yang akan disampaikan.
Dalam Ulangan
Harian terdapat pelatihan soal yang belum ada penjelasan dari materi,
seperti soal no. 16, dan 17 (hal: 45), disitu soal tentang masalah hewan yang
di kurung, sedang didalam isi materi tidak disebutkan secara rinci hewan apa
saja yang boleh atau yang tidak boleh di kurung. Kemudian soal hewan yang
dikurung muncul lagi pada soal no. 3 (hal: 47) soal no. 2 (hal: 49).
ANALISIS
1.
Analisis Materi
Pada analisis materi BAB yang Pertama dan BAB ke Tiga sudah sesuai
dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, serta Isi Materi juga sudah
baik pada penempatan dan sesuai bila dijadikan materi pembelajaran. Kesalahan
pada BAB ke Dua yang kurang sesuai antara Standar Kompetensi dengan Kompetensi
Dasar, sebagian soal yang tidak sesuai atau tidak ada pada keterangan pembelajaran
yang diberikan pada peserta didik.
2.
Analisis Teknis
Pemberian
Sub BAB yang belum sesuai, misalnya Hukum Fenomena Alam yang seharusnya
berisikan Sub BAB Tanda-tanda atau Keadaan Hari Kiamat.
KESIMPULAN
Dari telaah yang kami lakukan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits
MTs kelas IX dapat kami simpulkan, bahwa sanya ketika membuat silabus, dan
memberikan materi harus disesuaikan. Dan lebih teliti dalam pemberian Ujian
baik berupa soal, pelatihan, dan diskusi yang diharapkan peserta didik bisa
memahami dan mempraktikkan, jika sudah sesuai maka hasil pembelajaran pun akan
memuaskan baik untuk pendidik maupun peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar